Sejarah

Universitas Trunojoyo merupakan kelanjutan dari Universitas Bangkalan Madura (Unibang), yang berstatus perguruan tinggi swasta, yang didirikan oleh yayasan Pendidikan Kyai Lemah Dhuwur MKGR Bangkalan pada tahun 1981. pada saat itu masih mempunyai tiga fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Pertanian.

Program studi Manajemen Informatika secara prinsip telah resmi diselengarakan sejak tahun 1997 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor : 350/Dikti/Kep/1997 tertanggal 25 Agustus 1997, Tentang Pemberian Status Terdaftar Kepada Program Studi (D3 Manajemen Informatika) di Lingkungan Universitas Bangkalan di Madura. Sejak awal berdiri, Program studi ini berada dibawah Fakultas Ekonomi.

Berdasarkan Keputusan Presiden R.I. Nomor 85 Tahun 2001 tanggal 5 Juli 2001 Tentang Penetapan Universitas Trunojoyo sebagai Perguruan Tinggi Negeri. Universitas Bangkalan (Perguruan Tinggi Swasta) berubah menjadi Universitas Trunojoyo (Perguruan Tinggi Negeri) dan melakukan penambahan satu fakultas lagi yaitu Fakultas Teknik serta beberapa program studi dan jurusan sebagai kelangkapan persyaratan yang harus dipenuhi setelah dinegerikan Berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 121/DIKTI/KEP/2007, Program Studi D3 Manajemen Informatika ditetapkan kembali ijin penyelenggaraan program studi yang berlaku selama 3 tahun sampai dengan 2010.

Keberadaan Program studi D3 Manajemen Informatika dibawah Fakultas Ekonomi dirasa tidak tepat apalagi Fakultas Teknik sudah terbentuk, sehingga kemudian dilakukan upaya untuk melakukan pemindahan. Hal ini terlaksana mulai tahun akademik 2002/2003, dan sejak saat itu Program studi D3 Manajemen Informatika secara resmi dipindahkan dari Fakultas Ekonomi ke dalam Fakultas Teknik.